Sesungguhnya Sholatku, Ibadahku, Hidupku dan Matiku hanyalah untuk Allah Robb semesta alam

Seorang alim yang ilmunya dapat dimanfaatkan lebih utama dari tujuh puluh ribu ‘abid, so Jadilah insan yang selalu bermanfaat bagi yang Lain

Thursday, February 17, 2011

Orang tidak tahu agama berfatwa tentang agama

Posted by Akhi Syaiful 8:05 AM, under | No comments

Bismillah

Malam itu .... (Selasa pas setelah waktu magrib)... sedang ngobrol ngobrol tentang ... masalah ... yang kecil ttg sebuah perbaikan diri untuk menjadi insan yang baik di mata Allah..

ketika dalam percakapan banyak sekali pertanyaan yang mungkin sulit sekali untuk di jawab namun karena itu masalah hati namun bagaimana lagi itu sudah menjadi sebuah tuntutan bagi seorang yang ingin menyebarkan kebaikan di antara sesamanya... dan saudara nya..

Karena diri ini belum cukup ilmu untuk menjawab semua nya namum diri ini punya azam untuk selalu belajar dalam setiap kesempatan ttg agama..

Dalam perbincangan itu pun tidak terlepas dalam perdebatan kecil yang terjadi kerena memang ada perbedaan pendapat itu terjadi karena memang kurang nya pengetahuan yang ada..

Namun ada yang sangat menggelitik hati, ada salah satu pendengar yang tidak ikut ngobrol ngobrol sebelum nya atau dalam perdebatan kecil itu angkat bicara... dan yang lucu nya adalah ucapan yang ia lontarkan justru .. sebuah pendangkalan ilmu ... pendangkalan wawasan ttg islam yang sebenarnya jika ia cukup mendengarkan saja insya allah akan mendapatkan hal baru yang belum pernah ia tahu... namum dengan ia angkat bicara dengan ide yang ia lontar kan justru mendangkalkan sahabatnya yang ingin belajar agama lebih baik dan lucu nya adalh di dukung oleh teman yang lainnya..

sebuah ucapan yang cukup menggelikan namun itu mengandung keburukan walaupun ia tidak menyadari dari ucapannya yah itu lah manusia banyak yang mengucapkan yang seolah olah ia tahu padahal ia tidah tahu.. akan menjadi wajar bila orang benar benar tidak tahu sebelum belajar namum akan mejadi munafik bila ia tidak pernah mau belajar .. ttg agama .. jangan kan belajar ilmu agama yang lain Baca AL qur'an tiap hari masih bolong bolong...

Fenomena yang seperti ini masih sangat banyak kita jumpai... sebenarnya yang benar adalah bila kita belum tahu itu sudah wajar bila kita tidak pernah belajar maka dari itu belajar lah sebanyak mungkin tidak peduli kepada siapapun dan dalam kesempatan apa pun.. dalam belajar ada kaidah yang perlu diingat adalah jangan pernah melihat orang berbicara tentang kebaikan  namun perhatikan lah apa yang dibicarakan... itu adalah kaidahnya...

Tidak sesuatu yang lebih baik dari dunia seisinya dari pada menyeru ttg kepada Allah...  ini lah sebuah stetment yang pernah saya baca dalam tafsir Al Qur'an ... semua memang tidak ada yang sempurna semua nya memang tidak terlepas dari dosa ... semua memang hak Allah namun tidak bolehkah kita berharap sebuah kebaikan kepada Alllah saya rasa itu suatu keharusan.... namun saya akan memaklumi kerana semua manusia punya kelebihan dan kekurangan masing masing jadi beruntung lah orang yang selalu mendapat ridho dari Allah dan selalu mencari Ridho Nya..

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak mengangkat ilmu secara langsung dari hati hamba-hambanya akan tetapi Allah ...mengangkat ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika Allah tidak lagi menyisakan ulama, jadilah manusia mengangkat pemimpin-pemimpin yang bodoh sebagai ulama, mereka bertanya kepadanya dan ia pun menjawab tanpa ilmu sehingga ia sesat dan menyesatkan.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Imam besar kaum muslimin, Imam Al-Bukhari berkata, “Al-’Ilmu Qoblal Qouli Wal ‘Amali”, Ilmu Sebelum Berkata dan Beramal. Perkataan ini merupakan kesimpulan yang beliau ambil dari firman Allahta ’ala“Maka ilmuilah (ketahuilah)! Bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu ”(QS. Muhammad: 19)

Asy-Syaikh Sholeh bin ‘Abdul ‘Aziz Alu Syaikh berkata, “Ilmu itu jika ditegakkan sebelum ucapan dan amal, maka akan diberkahi pelakunya meskipun perkaranya kecil. Adapun jika ucapan dan amal didahulukan sebelum ilmu, walaupun bisa jadi perkaranya itu sebesar gunung, akan tetapi itu semua tidaklah di atas jalan keselamatan …Karenanya kami katakan, Jadikanlah ilmu tujuan penting dan utama, jadikanlah ilmu tujuan penting dan utama, ilmu di mulai sebelum yang lain, khususnya ilmu yang membuat ibadah menjadi benar, ilmu yang meluruskan aqidah, ilmu yang memperbaiki hati, ilmu yang menjadikan seseorang berjalan dalam amalannya sesuai dengan sunah Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam, bukan di atas kebodohan. ” (Syarh Tsalatsatul UshulSyaikh Abdul Aziz,Maktabah Syamilah)

Ilmu adalah spirit kehidupan, orang yang berilmu mereka seperti mendapatkan cahaya, akan menjadi kelap gulita bila tidak mendapatkan ilmu atau tak punya ilmu

Note :
catatan ini saya tulis hanya untuk mengingatkan diri saya sendiri dan sebagai pelajaran yang dapat saya ambil dari nya. bagi yang terlibat didalamnya saya tidak menyalahkan anda dan saya tidak menguhukumi anda sebagai orang yang salah atau pun berdosa kerena toh bagaimana juga Allah yang bisa menghukumi berdosa atau tidak tapi setidaknya seorang manusia bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar.

Tulisan ini dibuat bukan untuk mengadu domba atau saling menyalahkan namun ini adalah sebuah pelajaran yang sangar berharga bagi saya sehingga akan saya dokumentasikan untuk melangkah lebih baik lagi.. termasuk pemberian judul diatas bukan mencerminkan isi dari tulisan ini namun hanya sekedar tidak ada judul makan nya dikasih judul ja kebetulan yang paling pas menurut penulis adalah diatas..

0 comments:

Post a Comment

Bisnis

Murah Dealer Pulsa

Bisnis beromset jutaan Rupiah, anda mau ???

Murah Dealer Pulsa
menjawab permasalahan anda, harga Murah, transaksi 24 jam, 1 chip All operator, double poling, Transaksi Lancar dan masih banyak lainya..

GRATIS PENDAFTARAN

Harga Pulsa rata - rata
5 rb = 5000, 10 rb = 10000, 20 rb = 20000

Cara Daftar
ketik : DFT#HP#NAMA#ALAMAT#KOTA
KIRIM KE: 085731478423

Contoh : DFT#085746361236#ITA CELL#TMB NO.70#SURABAYA

info lengkap
http://murahdealerpulsa.blogspot.com/


Populer

Category

My Best